Kelebihan Dan Kekurangan Dapur Terbuka – Desain dapur yang nyaman, akan menimbulkan mood boster bagi para ibu dalam kegiatan masak memasak. Oleh karena itu adalah hal yang sangat penting memperhatikan desain dapur pada saat menata sebuah rumah. Tak ada salahnya bagi anda untuk coba mendesain dapur terbuka dengan gaya minimalis. Apalagi saat ini, konsep dapur terbuka menjadi favorit dari banyak keluarga.

Konsep dapur terbuka dipilih bukan tanpa alasan, konsep ini dipilih karena ruangan akan terasa lebih luas dan lebih nyaman. Umumnya, membuat dapur desain terbuka didesain tanpa sekat dan menyatu dengan ruang tamu atau ruang keluarga. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika diterapkan di bagian belakang rumah.

Berikut ini beberapa inspirasi untuk konsep dapur desain terbuka.

Void Di Bagian Atas Dapur Minimalis

desain-dapur-terbuka

Pengertian Void adalah ruang kosong terbuka yang berada di tengah-tengah konstruksi antar dua lantai. Sebagian orang, void rumah juga disebut dengan istilah “plafon ganda”. Selain sumber pencahayaan alami, void di dalam rumah juga bisa diandalkan untuk memaksimalkan sirkulasi udara alami di dalam rumah.

Tidak hanya membantu untuk mendapatkan udara lebih baik, keberadaan void rumah terbuka juga bisa membuat alur sirkulasi udara di dalam tempat tinggal anda jauh lebih baik, yang nantinya akan mencegah kelembaban udara yang berlebihan, sehingga menjadikan rumah menjadi jauh lebih sejuk untuk anda dan keluarga, yang tinggal di daerah tropis. Dan ingat, sirkulasi udara yang baik merupakan salah satu ciri dari rumah sehat lho!

Pada umumnya konsep void diaplikasikan pada ruangan yang mana penghuni menghabiskan banyak waktu di sana. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk mengusung konsep ini jika banyak menghabiskan waktu di ruang makan dan dapur. Dengan desain langit-langit yang tinggi akan memberikan kesan lebih luas di bagian dalam atu luar rumah sekalipun. Beraktivitas di dapur dengan keluarga tentu akan lebih menyenangkan, mulai dari memasak, hingga sekedar bercengkrama bersama keluarga.

Ruang Keluarga Dan Desain Dapur Minimalis Terbuka

Permasalahan klasik yang akan anda temui ketika mendesain dapur minimalis dan menggabungnya dengan ruangan lain adalah, aroma tak sedap yang dihasilkan dari dapur. Masalah lainnya juga seperti tidak jelasnya batas antara area dapur dengan ruangan lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka wajib bagi anda untuk membuat dapur dengan cooker head untuk sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, cooker hood sebagai solusi yang dapat membantu anda membuang asap dan aroma tak sedap. Dengan menambah jendela lebar di bagian dapur yang menghubungkan langsung ke bagian terbuka, seperti carport atau taman depan, akan dapat membantu anda meminimalisir bau yang tak diinginkan yang dihasilkan dari dapur.

Hal itu juga bermanfaat sebagai pembatas dan ruang tersebut bisa juga diletakkan meja makan. Untuk kesan sederhana dan elegan memadukan warna yang selaras dengan tambahan dekorasi yang unik dan menarik. Atau bisa pula menambahkan mini bar sebagai pembatas antara dapur dengan ruangan lain.

Artikel Terkait: 8 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Rumah Di Bekasi

Dapur Minimalis Semi Outdoor

Berbeda dengan konsep sebelumnya, dapur minimalis semi outdoor tidak terhubung dengan ruangan lain, seperti ruang keluarga atau ruang tamu, namun dapur terhubung langsung dengan ruang terbuka di bagian belakang rumah. Ruang terbuka di bagian belakang rumah bisa juga di fungsikan sebagai taman. Dengan demikian, aktivitas masak memasak di dapur akan lebih menyenangkan.

Untuk menghindari curahan air hujan langsung, pada konsep dapur terbuka seperti ini bisa dipasangkan atap transparan diatas bagian dapur. Untuk bagian taman biarkan saja dalam kondisi terbuka. Hal ini akan mendapatkan udara segar lebih banyak.

Kelebihan konsep ini adalah ruang memasak akan terasa lebih segar, aroma masak tidak tersebar keruangan lain. Juga tidak perlu menambahkan cooker hood untuk menetralisir aroma makanan dan uap yang dihasilkan dari aktivitas memasak.

Kelebihan dan kekurangan desain dapur terbuka

Masing masing konsep desain memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilik rumah mesti mempertimbangkan ini sebelum memilih sebuah konsep desain. Begitu juga dengan pilihan konsep desain dapur terbuka, dengan beberapa kelebihan dan kenyamanannya, bukan tanpa kekurangan sama sekali.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami uraikan kelebihan dan kekurangan dari konsep desain dapur terbuka.

Artikel Terkait: 5 Tips Memilih Jasa Renovasi Rumah Murah dan Amanah

Beberapa kelebihannya, diantaranya adalah :

1. Ruang Gerak Lebih Luas

Dapur yang mejadi satu dengan ruangan lain akan menjadikan ukurannya lebih luas. Dengan begitu kegiatan di dapur menjadi lebih leluasa. Kamu bisa dengan mudah meletakkan masakan yang sudah matang ke meja makan tanpa harus perlu berpindah ruangan melewati sekat pembatas. Demikian juga ketika hendak meletakkan peralatan makan kotor kembali ke dapur sehabis makan bersama

2. Sirkulai Udara Lebih Lancar

Dapur yang terbuka biasanya dilengkapi dengan jendela atau bukaan yang lebih besar menuju ruang atau taman. Dengan begitu, udara dan cahaya matahari bisa masuk dengan lebih maksimal. Sirkulasi udara dan cahaya yang baik akan menjadikan dapur anda terhindar dari lembab dan bau.

3. Ruangan Jadi Lebih Praktis

Anda juga dapat menggunakan satu furniture untuk dua fungsi ruangan. Sebagai contoh dengan melebur fungsi kitchen island, atau meja panjang di bagian tengah dapur untuk menyiapkan makanan dan menghidangkan makanan.

Dapur minimalis terbuka juga tidak memerlukan sekat besar untuk dapat membagi ruang. Dengan ketiadaan sekat, tentunya bisa menghemat anggaran yang cukup banyak.

4. Suasana Keluarga Jadi Lebih Hangat

Desain dapur terbuka yang menjadi satu dengan ruang lain juga akan memudahkan komunikasi antara penghuni rumah yang sedang berada di dapur dan juga yang berada di ruangan lain. Ruangan tanpa sekat besar pastinya memberikan kesan kebersamaan yang lebih dekat. Anggota keluarga anda juga bisa dengan nyaman membantu anggota keluarga lain yang sedang memasak di dapur.

desain-dapur-terbuka

Adapun Kekurangan Konsep Desain Dapur Terbuka adalah :

1. Aroma Masakan Menyebar Keruangan Lain

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa asap dan aroma masakan yang tentunya akan dengan mudah menyebar ke ruangan lain. Dan hal ini tentunya akan mengganggu, apabila dapur langsung terhubung dengan ruangan lain, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Untuk mengantisipasinya, penggunaan cooker hood atau cerobong udara agar asap dan aroma masakan bisa langsung tersedot ketika memasak

2. Beresiko Dimasuki Hama

Ketika anda menyatukan dapur dengan taman belakang rumah, sudah tentu risiko ini perlu dipertimbangkan pada dapur terbuka. Hama tikus atau kecoak dapat sangat mengganggu jika dapur tidak dijaga dengan baik. Dan ketika hujan turun, cacing tanah di pekarangan juga bisa naik ke dapur, tentunya jika lantai dapur berdekatan dengan taman belakang.
Untuk itu Anda wajib menyimpan makanan di tempat tertutup, Selain itu, biasakan segera membuang sampah ke tempat lain, dan pasatikan terdapat jarak yang cukup antara dapur dan taman, agar hama dari taman belakang rumah anda bisa dihalau.

3. Dapur Beresiko Cepat Kotor

Dapur terbuka relatif lebih mudah kotor. Karena debu dari luar bisa dengan mudah masuk ke dalam dapur. Risiko kotor juga bisa terjadi karena tempias air hujan yang masuk ketika hujan. Anda bisa mencegahnya dengan memasang atap atau kanopi untuk dapur terbuka tersebut.

4. Perlu Perawatan Ekstra

Masih soal kebersihan, memiliki dapur dengan desain terbuka berarti Anda sudah siap untuk rutin membersihkannya. Karena jika dapur dibiarkan kotor, tentu tidak akan sedap dipandang, apalagi dapur bisa terlihat dari ruangan lainnya.

Risiko karat pada peralatan masak yang dibiarkan kotor dan diterpa debu dalam waktu lama juga mengintai. Karena itu, rutin bersihkan dapur dan pastikan selalu dalam keadaan kering saat tidak dipakai.

Demikian uraian seputar konsep desain rumah dengan dapur terbuka, semoga bisa menginspirasi anda dan bisa anda terapkan di rumah baru anda.

Artikel Terkait: 5 Tips Membeli Rumah Syariah Pertama Keluarga Milenial

Apa Kelebihan Dapur Terbuka?

Ruang Gerak Lebih Luas
Sirkulai Udara Lebih Lancar
Ruangan Jadi Lebih Praktis
Suasana Keluarga Jadi Lebih Hangat

Apa Kekurangan Dapur Terbuka?

Aroma Masakan Menyebar Keruangan Lain
Beresiko Dimasuki Hama
Dapur Beresiko Cepat Kotor
Perlu Perawatan Ekstra